Välkommen till min blogg

Haha!

Bukan, kata diatas bukan bagian puisi Sutardji Calzoum Bachri yang judulnya Luka, namun saya yang menertawakan diri sendiri karena lagi-lagi, saya harus berpindah “rumah” untuk tulisan-tulisan saya. Blog terakhir yang saya sangat cintai dan banggakan yakni si katagita , terpaksa harus saya usaikan karena…. lupa pasword 😦 What a silly milly billy ::sigh::

Namun daripada saya meratapi terus dan membuat tidak produktif, lebih baik saya move on: berpindah, bangkit, dan berkarya. So, selamat datang di blog baru saya ini. Isinya masih akan tidak jauh berbeda, berisi pemikiran random dari saya :D. Yang teristimewa adalah, ada bagian khusus dalam blog ini yang akan banyak membahas soal perilaku makan dan segala permasalahannya. Untuk itu saya akan hadirkan kategori tersendiri untuk eating behavior ini.

Yap! Makan. Siapa sih yang tidak butuh makan? Orang yang jarang makan pun suatu saat dia harus dan akan makan. Makan adalah sesuatu yang sangat dekat dengan kita, namun tak jarang menjadi sesuatu yang jauh. Kenapa saya bilang dekat tapi jauh? Bukan, bukan seperti pasangan LDR -atau bermaksud menyaingi lagu RAN (dekat di hati)- makan adalah hal yang sangat dekat karena kita lakukan setiap hari (kalau tidak bisa dibilang setiap saat). Namun, entah karena saking dekatnya, makan justru menjadi sesuatu yang jauh karena kita tidak terlalu memikirkannya… hingga disuatu titik terjadi masalah…. masalah berat badan misalnya. Atau masalah kolesterol, tekanan darah tinggi, dan sebagainya. Saat itulah kita sadar betapa makan yang sangat dekat dan akrab menjadi sesuatu yang kita “gak ngerti”, menjadi sesuatu yang seolah sangat susah kita kontrol, atur, apalagi takhlukkan. Saat itulah makan menjadi sesuatu yang jauh.

Beh, analogi saya soal makan kok gitu banget ya? Hahahaha. Well, intinya sih, saya sangat tertarik dengan isu seputar perilaku makan (eating behavior) karena kerumitan yang terjadi dalam sebuah kesederhanaan makan. Mengapa saya kekeh merekeh dan sangat tertarik juga karena saya memiliki tujuan: fight obesity. Isu dalam obesitas bukan hanya masalah estetis saja, namun ada isu kesehatan yang berlaku disitu. Penyakit kardiovaskular akan berkali-kali lebih beresiko pada mereka yang obes. Jadi, saya harap melalui apa yang saya lakukan akan dapat membantu memerangi dan mengurangi angka obesitas. Kalau tujuan jangka panjangnya jelas, improving quality of life. Apalagi sih yang menjadi cita-cita kita kalau bukan memiliki hidup yang bahagia dan berkualitas?  Selain itu pemikiran saya sangat sederhana. Ketika orang sudah gak sibuk ngurusin soal kebutuhan dasar (makan) (dan tidak terlibat masalah yang ditimbulkan oleh makan), maka orang bisa move on ngerjain hal lain yang lebih bermanfaat bagi dirinya dan kemaslahatan umat, bukan?

Hehehe.

Jadi, sekali lagi selamat datang. Välkommen till min blogg.

(dan ya, saya rindu Swedia. Kota kecil Borås dan segala romansanya)

cheers,

/katagita

Iklan