sebuah “late post”

Sesuai dengan judulnya, ini sebenarnya adalah a very late post. Lupa saya unggah. Daripada nganggur, saya apload yah 🙂

 

BEATING SELF

Kemarin saya menghadiri sebuah workshop yang menghadirkan pembicara yang merupakan seorang tokoh muda yang sukses dan mendunia. Tujuan dari workshop tersebut adalah membekali generasi muda dengan hal-hal yang akan membantu mereka sukses meraih cita-cita, dan juga sukses dalam interview pekerjaan. Hari ini saya menghadiri sebuah group therapy mindslim program, sebuah program yang dibuat untuk membantu orang mencapai tujuan melangsing.

Kedua acara tersebut membuat saya merasa bahagia dan kaya. Meskipun dilakukan ditempat berbeda dengan tujuan yang berbeda dan orang-orang yang berbeda pula, keduanya memiliki kesamaan.

DETERMINAN KESUKSESAN

Ada sebuah formula kesuksesan yang tidak boleh ditinggalkan, jika kita ingin meraih sebuah keberhasilan. Formulai ini sifatnya wajib. Once you mastering it, then you will be a WINNER.

Jadi apa?

MASTERING YOUR MIND!

Yap! Saya sendiri setuju bahwa musuh terbesar didunia ini justru diri kita sendiri.

Ketika orang terkasih bilang, “udah dong makannya nanti gendut.” Dengan mudah kita pun berhenti makan. Ketika Guru kita bilang, “Silakan dipelajari halaman 25-75. Catat dan kuasai, setelah itu akan ada kuis.” Maka kita pun tergerak dan segera belajar, membaca 50 halaman dan mencoba dengan berbagai cara agar semuanya dapat kita kuasai hanya dalam semalam.

Betapa mudahnya, ketika ada factor eksternal yang mengontrol kita, dan voila! Kita pun taat melakukan sesuatu.

Dari kajian psikologi sosial, keberadaan orang lain memang bisa jadi membuat kita terfasilitasi (social fasilitation) sehingga membuat kita memiliki perilaku yang lebih baik. Orang lain, membuat kita lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik, karena recognisi/pengakuan adalah penting bagi manusia yang notabene adalah makhluk sosial.

Oke, kembali lagi ke pokok bahasan kita kali ini. Jadi, contoh-contoh yang saya berikan diatas sebenarnya untuk menjadi bahan perbandingan bahwa lebih mudah bagi kita dikontrol daripada mengontrol diri kita sendiri.

So dalam tulisan saya kali ini saya tidak akan membagi tips apapun, namun, saya hanya ingin mengajak teman-teman semua berpikir.

 

ARE YOU THE MASTER OF YOUR (OWN) MIND?

DO YOU MASTERING YOUR MIND?

 

/katagita

Iklan