Enjoy every moment

Tulisan kali ini terinsiprasi dari bacaan soal tes inggris waktu ujian masuk salah satu universitas negeri ternama di Jakarta ini, untuk kebenarannya saya belum cek, apakah memang bersumber dari hasil penelitian. Namun karena isinya menarik, maka sayang untuk dilewatkan untuk dibagikan.

Jadi, menurut salah satu bacaan dalam soal tes tersebut (jangan tanya hasil tesnya gimana: selain memang belum ada pengumuman, juga karena tesnya…….. L L L #susahbeud), terdapat sebuah penelitian tentang respon emosi ketika melihat rekaman yang sudah lalu… Pasti kita semua terbiasa kan mendokumentasikan segala macam kegiatan kita terutama kegiatan-kegiatan yang tak biasa atau istimewa? Acara ulangtahun, kawinan, naek kelas, kumpul bareng teman… Nah, penelitian ini ingin melihat bagaimana respon yang muncul saat kita disuguhi kembali rekaman atau dokumentasi tentang ini. Ternyata… rasanya: SENANG. Pantes, ya, waktu kita berencana untuk ngerapihin barang-barang lama, yang dirapihin sih dikit doing, tapi prosesnya bisa 5 jam. 30 menit rapih-rapih benerannya, 4,5 jam untuk mengenang yang sudah lalu. Hahahaha. Nah, hasil penelitiannya kalau cuma begitu mah sudah biasa ya temans? Yang menarik dari riset tersebut adalah, selain diminta melihat lagi hal-hal yang extraordinary yang pernah terjadi, partisipan juga diminta melihat rekaman hal-hal yang biasa-biasa saja (bukan peristiwa istimewa atau khusus atau special). Nah ternyata, efek senang dan bahagia yang muncul sama besar bahkan lebih happy dibanding ketika melihat hal yang luarbiasa di masa lalu. Kejadian special yang pernah terjadi tersebut justru tidak begitu special lagi rasanya dibandingkan rasa yang muncul disaat peristiwa tersebut berlangsung. Beda ceritanya dengan kejadian yang cuma kejadiaan sehari-hari alias biasa-biasa aja, saat dihadirkan kembali justru terasa lebih spesial.

IMG_2918

taking pic of a pic 😀 

Jadi pesan moralnya apa ya dari penelitian tersebut. Bisa macam-macam. Kalau saya, pelajaran yang dapat diambil adalah: selalu melakukan yang terbaik dan menikmati setiap momen yang ada. Baik direkam atau tidak direkam, baik kejadian special atau biasa saja, semua akan menjadi sesuatu yang disebut kenangan.

[udah dulu ah, kata kenangan kalo diteruskan apalagi malam-malam begini bisa kemana-mana da nada yang galau lalu emotional eating jangan-jangan]. Hihihi.

 

Semoga bermanfaat, ya.

 

/katagita

 

 

Iklan