GUILT

screen-shot-2016-11-17-at-10-08-47-am

Ada yang sedang merasa bersalah atau GUILT?

Menurut kamus bahasa inggris, guilt diartikan sepeti definisi diatas. Atau mungkin lebih mudah dipahami dengan definisi dari KBBI berikut:

ber.sa.lah
Verba (kata kerja)
(1) berbuat keliru; melakukan kekeliruan (kesalahan); mempunyai kesalahan: ia dianggap bersalah karena telah menggagalkan usaha pertemuan warga desa itu;
(2) berbuat sesuatu yang melanggar peraturan (hukum dan sebagainya) : hakim hanya akan menjatuhkan hukumannya kepada terdakwa yang terbukti -;
(3) ada salahnya

Jika bersalah didefinisikan sebagai hal diatas, bagaimana dengan merasa bersalah?

Tentu saja dengan mudah dijawab dengan,  “ya rasa yang muncul ketika kita melakukan sesuatu yang (menurut kita) salah atau sudah merugikan.”

Hmm, okay,  you are right. 

But you know what,

Menurut pendekatan kognitif, rasa bersalah berasal dari pikiran kita yang percaya bahwa kita sudah menyebabkan kerugian, kerugian pada orang, lingkungan, apapun. Pikiran inilah yang kemudian memicu emosi, yang kemudian memunculkan rasa bersalah.

Mereka yang mengalami rasa bersalah kronis biasanya terjadi karena tidak bisa dealing dengan emosi negatif yang muncul karena pikiran bahwa mereka sudah menyebabkan kerugian, walaupun ini belum tentu benar. Saking mengikuti emosi negatif ini mereka pun salah menafsirkan keseluruhan konteks yang terjadi dan tidak lagi mempertanyakan logika kesimpulan mereka. Sayangnya, emosi negatif is emosi negatif, yang jika tidak diatasi, akan membuat kita menjadi… ………….(isi sendiri).

FIUH! TOUGH!

HOWEVER, We are smarter and powerful than we think we are. Termasuk untuk menciptkan hidup kita yang positif, berwarna, dan berbahagia. 

Jadi?

This is not I am telling you not to feel guilty when you’re doing wrong. Sangat manusiawi jika kita merasa bersalah, yang merupakan salah satu bentuk emosi yang normal dialami manusia. Namun, yang ingin digarisbawahi adalah: don’t let the guilt be dementors!

salam,

/katagita

7be8b7aed3fa46dc52eeb8500f53c002

Dementors are among the foulest creatures that walk this earth. They infest the darkest, filthiest places, they glory in decay and despair, they drain peace, hope, and happiness out of the air around them. Even Muggles feel their presence, though they can’t see them. Get too near a Dementor and every good feeling, every happy memory will be sucked out of you. If it can, the Dementor will feed on you long enough to reduce you to something like itself — soul-less and evil. You’ll be left with nothing but the worst experiences of your life.” 
― J.K. RowlingHarry Potter and the Prisoner of Azkaban

Iklan