sore bersama Alex Jhon

Sore tadi, ada yang menarik dalam pembicaraan saya dengan kolega: Alex Jhon. Beliau ini pengajar di jurusan Sastra Inggris. Kebetulan tadi kami bertemu di warteg sebelah kantor. Beliau membawa buku berbahasa Inggris yang entah saya sendiri juga lupa judulnya.

Namun gegara itu saya jadi penasaran, bertanya pada dia: kalo di jurusa sastra, penelitiannya itu tentang apa ya? Dan kemudian dijawab panjang lebar oleh Alex Jhon. Yang jelas, saya jadi berkesimpulan bahwa “ternyata dia lebih nyikologi dibanding saya yang orang psikologi.” Alex Jhon banyak menguasai teori psikologi karena sering dipakainya untuk menganalisis. Terutama teori-teori psikodinamik.

Dari obrolan ngalor ngidul itu pula saya jadi tahu bahwa Alex juga suka menulis di blog. Kata dia, ngeblog adalah hal yang baik, sebagai salah satu mekanisme pertahanan diri. “Ya, ngeblog adalah bentuk displacement buat gue,” kata Alex Jhon. (Saya pun makin senyum-senyum mendengarnya. FIX deh ini orang lebih nyikologi dari saya).

Jadi apa itu maksud Alex Jhon ya teman-teman? Yang anak psikologi pasti familiar, ini ajaran simbah Freud. Untuk lengkapnya saya kopas disini saja, ada blog yang membahas dan lumayan oke:

Defence Mechanisms” merupakan bentuk pertahanan diri dari setiap individu. Sebagian dari cara individu untuk mereduksi perasaan tertekan, kecemasan, stress ataupun konflik adalah dengan melakukan mekanisme pertahanan diri baik yang dia lakukan secara sadar ataupun tidak. Sigmund Freud menggunakan istilah mekanisme pertahanan diri (Defence Mechanisms) untuk menunjukkan proses tdak sadar yang melindungi si individu dari kecemasan melalui pemutarbalikkan kenyataan.

Read more: http://www.wivrit.com/2013/07/7-mekanisme-pertahanan-diri-yang-paling-sering-digunakan.html#ixzz4QkAJJAtU

But anyway, thank you Alex Jhon, kamu sudah bikin aku pengen belajar lagi dan lagi. Menjadi ternyata belum tentu lebih mengerti atau memahami. Kadang kita jadi lupa karena saking terbiasanya. NEVER STOP LEARNING!

Ohya, untuk yang pengen baca tulisannya Alex Jhon silakan kemari ya:

http://alexjhon.blogspot.co.id

main2bfront

Blog Alex Jhon

salam,

/katagita

Iklan