handling question

microphone

Sebagai mahasiswa, atau apapun yang pernah mengalami sesi presentasi, pasti pernah pula mengalami sesi tanya-jawab kan, ya?

Memang tidak ada persiapan yang lebih baik daripada kita yang benar-benar menguasai apa yang kita presentasikan, sehingga mau ditanya apapun kita siap. Namun, ada beberapa hal pula yang perlu dilatih dan dibiasakan ketika kita berada pada sesi tanya jawab ini. Mengapa? Ini membantu banyak hal, yang jelas meningkatkan kredibilitas kita sebagai seorang presenter profesional. Tips ini saya peroleh lagi-lagi dari Mrs. Cherry Pearl. She is awesome, indeed!

Berikut beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan dan dipenuhi dalam sesi tanya-jawab.

  1. Lemparkan kesempatan untuk bertanya. Tanyakanlah apakah ada audience yang ingin menanyakan sesuatu terkait materi yang diberikan.

  2. Setelah ada pertanyaan, ulang pertanyaannya. Ini untuk menyamakan persepsi, plus, kita mengambil pertanyaan ini bukan hanya dari A ke kita namun dari forum untuk forum.

  3. Setelah itu, baru jawab pertanyaannya. Ingat, jawab pertanyaan. Bukan ngajakin keliling Bogor-Bekasi-Serpong- Cibubur alias muter-muter.

  4. Jika sudah, kembali tanyakan: apakah jawaban yang diberikan sudah menjawab pertanyaan yang dimaksud?

 

Sederhana, kan? Yuk, kita terapkan!

 

Iklan