KESEPIAN

Semalam (atau dini hari tadi), saya mengalami susah tidur. 01:30am rasanya saya baru benar-benar bisa memejamkan mata. Maka, smartphone jadi teman saya sembari menanti sesi mata terpejam ini (walau menurut ahli, pancaran sinar dll dari smartphone justru pencuri tidur kita!).

Nah, sambil setengah sadar dan setengah tidak, saya membaca salah satu bahasan di verywell.com yang judul artikelnya cukup ngeri: KESEPIAN ITU MEMATIKAN LEBIH DARI YANG ANDA KIRA! (Loneliness: Deadlier than you think). Gimana gak ngeri, lha saya ini salah satu korban (atau masuk dalam golongan? ) kesepian.

lonely

Kesepian telah dikaitkan dengan gejala depresi dan darah tinggi. Sedangkan pada mereka yang memiliki koneksi sosial yang kuat 50% lebih dapat bertahan hidup dibanding yang koneksi sosialnya tidak kuat.

Lantas apakah ketika kita punya banyak teman artinya lebih baik? Hmm, belum tentu. Karena bisa saja orang merasa kesepian ditengah keramaian, dan kesepian ini lebih parah dibandingkan dengan keadaan terisolasi (tapi tidak merasa kesepian).  Hasil study menunjukkan bahwa perasaan kesepian berkorelasi dengan tingkat kematian yang tinggi, terlepas dari berapa banyak teman yang dipunyai. Artinya, you have to build and maintain strong connection!

Lantas apa yang menyebabkan kesepian ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita? Begini penjelasannya: Rasa kesepian ini, telah memunculkan sebuah kondisi.. kondisi diri yang terancam. Nah sudah menjadi mekanisme tubuh ketika terancam, maka akan merespon dan melindungi diri dooong… salah satunya ya melalui sistem kekebalan tubuh. Nah, ternyata, kondisi ancaman atas koneksi sosial ini (baca: kesepian) direspon sama oleh otak seperti saat terjadi ancaman fisik. Artinya, kesepian pun ngaruh banget ke daya tahan tubuhmu!

Oleh karena itu, penting bagi kita (MANUSIA) untuk membangun dan menjaga hubungan sosial yang kuat, karena itulah fitrah kita sebagai makhuk sosial. Memang tidak mudah membina hubungan itu, namun bagaimanapun, hal ini baik untuk kesehatan.

Duh, HP mana HP? (langsung nge-teks orang2. Semoga ada yang respon, terutama yang diharap-harapkan. myahahahahhaa).

Sumber:

verywell.com

 

Iklan