kesepian dan menua

Loneliness also disrupts the regulations of cellular processes deep within the body,

predisposing us to premature aging. – John Cacioppo.

PREMATURE AGING!!!!!!

Mendengar kata premature aging saya pun merinding. Menua, saya yakin ini adalah hal paling tidak dinanti atau bahkan ditakuti oleh banyak orang, khususnya wanita (soalnya saya wanita dan saya gak mau cepet-cepet jadi tua, hehehe) -walau pasti ada yang tidak setuju juga-,  karena menua adalah kepastian, soal waktu. Hanya saja: siapa sih yang rela melihat diri tidak secantik dulu, rambut beruban tak seindah dulu, kulit kendor dan kerut disana sini tak sekencang dulu? Kalau bisa sih, menuanya ditunda, sampai waktu tak terhingga, ya. Ehem,,

Belum lama, saya membaca artikel tentang uban. Pria mengalami ubanan lebih cepat dari wanita. Saya sendiri sih merasa kalau pria itu semakin tua semakin terlihat ganteng dan berwibawa (as long as he is in a good shape ya, taking a good care of himself dan no perut buncit, hihihihi #rewel). Jadi ubanan cepat-cepat gakpapa lah. Kalau ubanan dan kayak Richard Gere, siapa yang mau nolak, sih? Hehehehe…

media.jpg

Gimana? Ya kan, lelaki itu (atau Richard Gere itu? secara tidak semua laki-laki adalah Richard Gere dan Richard Gere tidak seperti kebanyakan laki-laki 😀 #wecallitlogic #tepokjidat ) makin silver justru kelihatan makin…. (isi sendiri).  Nah bagaimana dengan ubanan wanita? Kapan wanita mulai banyak uban? Well, kalau wanita sendiri konon akan mulai subur beruban sekitar usia 35. Bahkan, kecenderungan ubanan ini semakin kesini semakin terjadi pada usia yang lebih muda (hih! apah!). Mendengar informasi ini, saya mulai dag dig dug juga, karena artinya…… beberapa tahun lagi! Menua oh menua. Saya menua! (Padahal diri ini merasa selalu ABG, ehehehe).

Nah, kembali pada pernyataan diawal tulisan ini, lagi-lagi ternyata, KESEPIAN, membawa dampak yang tidak baik. Kalau kemarin membuat kita menjadi rentan dalam perihal kesehatan, eh ternyata kesepian juga mempengaruhi penuaan. Penuaan terjadi lebih cepat pada mereka yang merasa kesepian. HIKS.

Sekali lagi, pengertian kesepian itu tidak semata-mata secara fisik terisolasi. Memang, orang yang terisolasi atau berada di tempat asing memiliki kerentanan untuk menjadi kesepian. Namun yang lebih menyebabkan rasa kesepian adalah persepsi kita sendiri. It’s about a state of mind. 

Hih kesepian ya.. Bener-bener, deh! DAN ternyata,,, tidak hanya berdampak buruk pada masalah kesehatan, namun kesepian ini juga bikin gak cantik (baca: cepat menua). Oleh karena itu, diam-diam saya berjanji untuk tidak lagi-lagi merasa kesepian. Saya berjanji akan membina hubungan  yang lebih baik dengan mereka yang saya sayang dan percayai. Ingat kan ya ditulisan sebelumnya, it is not about the number of friends you have, but the quality. Ohya, juga memperkuat rasa percaya diri, karena menurut beberapa penelitian, ternyata ini juga berkorelasi dengan tingkat kesepian. Plus saya juga akan selalu membangun mindset yang positif, serta selalu memilih untuk bahagia.

Nah, tekad itu ternyata sejalan dengan beberapa tips yang diberikan oleh Cacioppo untuk mengatasi kesepian: (fyi Cacioppo ini adalah psikolog dan periset terkenal dibidang psikologi sosial dan tentunya ekspert soal tema kesepian)

  1. Kenali bahwa kesepian itu adalah sinyal perlunya perubahan pada suatu hal

  2. Pahami efek kesepian pada hidup anda, baik secara fisik maupun mental

  3. Kerjakan hal-hal yang anda sukai, bergabung dengan komunitas yang anda minati. Dengan demikian anda bisa membangun relasi baru, mendapat teman baru.

  4. Fokus untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan mereka yang memiliki sikap, minat dan nilai yang sama dengan anda.

  5. Selalu berharap yang terbaik! Orang -orang kesepian biasanya belum-belum sudah membayangkan penolakan. Oleh karena itu, fokus pada pemikiran dan sikap yang positif dalam setiap hubungan sosial.

Nah, gimana? Berhubung saya tidak mau cepat-cepat menua, saya akan kuatkan tekad dan konsistenkan perilaku saya, dan jelas-jelas akan menerapkan tips Cacioppo ini baik-baik….

Selamat berakhir pekan yang panjang, dan ingat, seperti halnya kebahagiaan, kesepian itu adalah pilihan! ❤

/katagita

fullsizerender

kira-kira beginilah saya kalau menua, ha ha ha. kalau anda, bagaimana?

sumber:

Askt, D. (2008, Sept. 21). A talk with John Cacioppo: A Chicago scientist suggests that loneliness is a threat to your health. The Boston Globe Found online at http://www.boston.com/bostonglobe/ideas/articles/2008/09/21/a_talk_with_john_cacioppo/

Iklan