(Not really about) PREPARING THE INTERVIEW

Beberapa saat yang lalu saya dihubungi oleh mantan mahasiswa. “Tumben, nih!”, pikir saya. Sangat jarang ada mahasiswa yang sudah lulus menghubungi dosennya… kecuali ada perlu.

Dan yak betul, ybs ternyata hendak meminta tips dari saya. Mahasiswa ini konon akan mengikuti wawancara sebagai bagian dari seleksi penerimaan calon penerbang. Nah, oleh karena itu tulisan saya kali ini adalah tentang kiat sukses menghadapi wawancara (kerja/seleksi). Syahdan saya termenung, memikirkan apa yang akan saya tulis. Karena sejatinya tulisan serupa sudah sangat banyak. Google it, and you’ll find many!

Berikut adalah beberapa tips versi saya:

  1. Syarat mutlak: be your self. Menjadi diri sendiri saat wawancara itu adalah hal yang paling penting. Dimulai dari penampilan: gunakan pakaian yang nyaman untukmu. Nyaman bukan berarti kalau sukanya pakai kaos dan jeans sobek kamu tetap memakainya saat wawancara. Nyaman disini tetap nyaman yang Misalnya kamu orangnya simple dan tidak suka neko-neko, ya gunakan baju simple namun tetap proper. Kalau tidak suka dan nyaman pake heels ya jangan digunakan (kecuali memang dalam interview disebutkan WAJIB memakai sesuatu, artinya kamu bebas menentukan). Jika tidak suka make up tebal, ya tidak usah karena memang tidak perlu. Selain penampilan, menjadi diri sendiri juga wajib ketika kamu menjaawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Jawaban yang muncul dari hati itu terasa dibanding jawaban yang dibuat-buat. Plus, kalau kamu “memalsu” jawaban, sesuatu yang kamu tidak suka kamu bilang suka, jika kemudian kamu harus melakukan yang tidak suka itu setiap hari, bagaimana?
  2. Nah, poin pertama itu akan mudah dilakukan jika persiapan kamu sebelumnya sudah matang. Hmm, maksud saya dengan persiapan adalah bukan apa yang kamu lakukan malam sebelumnya, namun apa yang sudah kamu lakukan selama ini. Have you spent your time wisely? Bagaimana kamu menjalani kehidupan kamu selama ini? Menghabiskan menit demi menit untuk sesuatu yang berharga atau sekedar scrolling hape tanpa akhir apalagi dengan tujuan dan tahu-tahu hari sudah berganti malam? Atau kamu sibuk mengembangkan dirimu, bergabung dengan komunitas peduli lingkungan, melakukan hal yang bermanafaat bagi dirimu dan untuk orang disekitarmu? Nah, bagaimana kamu melakukan nomor 2 ini akan sangat membantu poin 1.
  3. (rasanya poin demi poin sambung menyambung menjadi satu, seperti Indonesia). FIND YOUR PURPOSE(s). Menemukan dirimu, menjadi diri sendiri memang bukan perkara yang mudah. Namun ada hal dapat membantu kita melakukan itu dengan menyenangkan: temukan TUJUAN HIDUPMU. Sebenarnya kamu hidup buat apa, sih? Dengan tahu tujuan hidupmu, kamu bisa kemudian menyesuaikan setiap hal yang kamu lakukan menuju kesana. Ini juga membantu kamu terus termotivasi melakukan hal baik dan menjadikan hidupmu lebih bermakna.

Wah, kenapa tips ini menjadi sangat abstrak ya? Sebenarnya apa yang ingin saya sampaikan cukup sederhana: Find your life purpose, it leads you to create your values of life. It guides you. You just need to do GOOD and ENJOY every single moment. Jika itu selalu dilakukan, saya yakin, wawancara apapun bisa dilalui dengan mudah. Untuk panduannya lagi-lagi cukup buka google (misalnya tips-tips praktis soal pakaian yang harus dipakai, dokumen yang harus dibawa, dst). Sisanya pasti kamu sudah tau apa yang harus kamu lakukan.

Saya ingat tulisan seseorang diinternet, dia menulis bahwa “lucunya, hidup itu seolah-olah membuat kita harus selalu mempersiapkan diri untuk sesuatu”. Saking sibuknya melakukan persiapan, yang terjadi malah kita tidak memperhatikan hal-hal penting yang terjadi disekitar kita, yang kadang tidak terjadi dua kali. Remember, life is a journey, not a destination..

 

salam,

/katagita

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s