HAL-HAL YANG SAYA HARAP SAYA LAKUKAN SAAT SAYA MENJADI MAHASISWA.

Mengisi trial class bagi calon mahasiswa di kampus membuat saya menyadari ada beberapa hal yang saya harap saya tahu atau ada yang memberi tahu saya dahulu kala, sebelum saya mulai kuliah. Saya yakin, dengan demikian kuliah saya jadi akan lebih maksimal dan mungkin hidup saya jauh lebih baik dari sekarang waktu yang sudah saya lalui menjadi lebih bermakna.
  1. Memilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan keinginan, minat, dan bakat. Dulu saya memilih jurusan yang sekarang saya tekuni secara asal-asalan dan kebetulan. Hanya karena rekomendasi teman, dan menurut teman saya tersebut, jurusan ini keren. Hahahaha! Saya bahkan tidak benar-benar tahu apa yang akan dan sedang saya pelajari hingga tahun kedua perkuliahan. Padahal, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk membantu memahami kebutuhan dan minat kita. Bisa dilakukan dengan melakukan riset sendiri (apalagi sekarang, google help us to research) atau bahkan melakukan tes minat dan bakat yang banyak tersedia di pusat layanan psikologi

  2. Involve dengan sungguh-sunggu saat proses kuliah dikelas. Andai saya tahu dulu, bahwa aktif dikelas itu sungguh membantu proses belajar. Tidak perlu malu bertanya karena sesungguhnya tidak ada “pertanyaan bodoh”, dan memfollow-up rasa penasaran saya dalam kuliah to the max. Maksudnya, dulu saya sering malu nanya atau berpendapat. Mulai dari malu nanyanya, malu pertanyaan saya membuat saya Nampak bego, sampai apa boleh atau tidak, penting atau tidak sebenarnya nanya/berpendapat dikelas. Hahahaha. Padahal dengan menyampaikan pertanyaan dan pendapat membuat kita belajar lebih.

  3. Do internship. Dulu jaman saya, magang itu Bukan pilihan juga ding, bahkan saya tidak begitu ngeh dengan kegiatan ini. Sepemahaman saya dulu, kerja itu ya kalau sudah lulus, karena pasti organisasi/perusahaan tidak mau mengkaryakan anak bawang yang tidak tahu apa-apa. Hahahahahaa! Untungnya tanpa disadari saya sudah melaukan proses magang ini dengan menjadi asisten penelitian atau membantu dosen tertentu melakukan sesuatu. Namun kalau bisa diulang, tentu saya akan magang dibeberapa tempat yang bergengsi! Ha ha ha. Maka beruntunglah kalian yang difasilitasi kampus untuk melakukan proses magang. Manfaatkan kesempatan itu semaksimal mungkin untuk mendapatkan pengalaman berharga, mengasah kemampuan dan ketrampilan, dan mencari tau lebih apa yang memang benar-benar kamu inginkan.

  4. Write more. Sell more. Poin empat ini sebenarnya adalah: jika boleh diulang masa-masa mahasiswa saya dulu, saya ingin lebih banyak “jualan”. Berwirausaha. Jual diri. Entrepreneurship. Banyak ide yang akhirnya jadi “Wah, dulu aku juga sempat kepikiran itu” namun sudah jadi milik orang. Alasannya adalah “banyak keterbatasan”. Misalnya saya yang cuma mahasiswa kere, saya yang cuma anak daerah, saya yang gak punya koneksi, dll. Yang kalau dipikir kembali, keterbatasan itu sebenarnya ciptaan saya sendiri yang tidak percaya sendiri. Nothing is imposible. Just do it! (ini kok tag line 2 merek jadi satu ya? Hihihi).

Baiklah, itu dia empat hal yang saya harap saya tahu dan saya lakukan saat mahasiswa dulu. Saya yakin, beda orang akan beda versi, namun
saya harap apa yang saya tuliskan ini bermanfaat untuk teman-teman
mahasiswa semuanya.

/katagita

I got this second chance at life, and I live it.

-Amy Purdy

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s