ON |ORTHOREXIA NERVOSA

HOLA!

Pusing gak baca judul diatas? Yes, babe, itu adalah ORTHOREXIA NERVOSA atau disingkat ON. Dari namanya mungkin mengingatkan kita pada istilah lain yakni anorexia nervosa. Yak, kamu benar. ON juga ada hubungannya dengan gangguan makan. Dengan AN, ON saudara, namun berbeda. Jika pasien AN tersibukkan dengan kuantitas makanan (dimana mereka bahkan gak makan samasekali), orang dengan ON tersibukkan dengan kualitas makannnya.

Jadi apakah ON itu? Well, ON adalah OBSESI  yang tidak sehat terhadap makan makanan sehat! YES, babe, bahkan makan sehat pun bisa jadi gangguan kalo kamu sudah mulai terobsesi. Lha terus, apa kita lantas gak boleh makan sehat? Eh eh eh, siapa bilang, bukan begitu maksudnya. Walaupun ON ini sendiri masih tenar diarea penelitian dan belum masuk ke Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM), kajian tentang ON ini hendaknya bisa kita ambil hikmanya. BETUL TIDAAAK? (aduh saya kok malah berasa sedang ceramah).

Yakni; APAPUN ITU, KALAU SUDAH JADI OBSESI atau BERLEBIHAN jadinya tidak baik.

Jadi, kalau teman-teman sedang berusaha untuk menjalani hidup sehat dengan makan sehat, lakukan dengan suka cita. Kenapa suka cita? Karena hati gembira itu salah satu penanda yang bisa kita pakai apakah yang kita lakukan itu masih dalam jalur atau tidak.  Kalau sudah mulai uring-uringan atau tidak ekologis, perlu dievaluasi lagi. Bisa jadi karena memang sedang fase streching karena keluar zona nyaman (yang biasanya cuma memakan waktu beberapa minggu), namun jika sudah terjadi begitu lama dan semakin memburuk uring-uringannya jika ada satu hal saja yang gak pas — oh i hope you know what i mean— , bisa-bisa sebenarnya ada yang kurang benar atau tidak tepat, atau sudah jadi gangguan itu tadi…..  Plis, yang bijak ya, teman!

Ah btw saya jadi ingat lagunya Vetty Vera..

vetty

Hidup ini jangan serba terlalu
yang sedang-sedang saja
Karena semua yang serba terlalu
bikin sakit kepala

Terlalu kaya.. jangan terlalu
Terlalu miskin.. jangan

(Terlalu tinggi?) Jangan!
(Terlalu rendah?) Jangan!
(Terlalu besar?) Jangan!
(Terlalu kecil?) Jangan!

Ho~ sedang-sedang saja
Hidup jangan dibuat susah-susah
yang sedang-sedang saja

Kamu pilih yang mana? (Kanan, kanan)
Kamu suka yang mana? (Kiri, kiri)
Kalau saya punya usul:
yang tengah-tengah saja ho hoi

Kamu pilih yang mana? (Atas, atas)
Kamu suka yang mana? (Bawah, bawah)
Kalau saya punya usul:
yang tengah-tengah saja
Bagaimana?

(Bagaimana ya? Oke!!)

Hidup ini jangan serba terlalu
yang sedang-sedang saja
Karena semua yang serba terlalu
bikin sakit kepala

Terlalu keras.. jangan terlalu
Terlalu lemah.. jangan

(Terlalu gemuk?) Jangan!
(Terlalu kurus?) Jangan!
(Terlalu panjang?) Jangan!
(Terlalu pendek?) Jangan!

Ho sedang-sedang saja
Hidup jangan dibuat susah-susah
yang sedang-sedang saja

Kamu pilih yang mana? (Ujung, ujung)
Kamu suka yang mana? (Pangkal, pangkal)
Kalau saya punya usul:
yang tengah-tengah saja ho hoi

Kamu pilih yang mana? (Depan, depan)
Kamu suka yang mana? (Belakang, belakang)
Kalau saya punya usul:
yang tengah-tengah saja
Bagaimana?

(Bagaimana ya? Oke!!)

Hidup ini jangan serba terlalu
yang sedang-sedang saja
Karena semua yang serba terlalu
bikin sakit kepala

Terlalu kaya.. jangan terlalu
Terlalu miskin.. jangan

(Terlalu tinggi?) Jangan!
(Terlalu rendah?) Jangan!
(Terlalu besar?) Jangan!
(Terlalu kecil?) Jangan!!

Ho sedang-sedang saja..

Ho sedang-sedang saja..

sedang-sedang saja..

sedang-sedang saja..

Read more: http://www.wowkeren.com/lirik/vety_vera/sedang-sedang-saja.html#ixzz4thQIaUo6

selamat karaokean. tetap sehat, tetap seimbang, tetap semangat!

love,

 

/katagita

(sumber artikel: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28251592)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s